Declare! Kamar Kerja Penerbit Jogja

Declare! Kamar Kerja Penerbit Jogja

Sebetulnya, Nyonya Buku agak telat baca buku Declare!. Makanya cari sana sini enggak dapet-dapet karena buku ini dirilis tahun 2007. Plus, cuma dikit, mungkin.

Tahun 2008, Nyonya Buku sempet liat tuh buku di Gramedia Plaza Semanggi. Tapi enggak beli. heks… (kayaknya dulu karena duit kurang, hihihi. harga Declare Rp60 ribu dan Nyonya Buku dah nenteng lima buku).

Lama lama tuh buku enggak keliatan lagi. Pas kebetulan Nyonya Buku ke Yogyakarta, enggak nemu juga.  Nyari ke Tobucilnya Tarlen, enggak nemu. Malah dia juga nyari, katanya. Hehe. Trus, Nyonya Buku sok pede nanya ke penulisnya langsung, cuma dijawab, “cari di Toga Mas mungkin ada. Lha dulu nerbitinnya juga yaa gitu dehhh..”

Akhirnya, baru nemu bulan Maret 2010, di Toga Mas, Depok. Herannya, buku ini dikategorikan ke dalam buku-buku psikologi. Hehehehe…

Kenapa Nyonya Buku ngotot ama buku ini?

Karena Nyonya Buku merasa penasaran betul ama dunia penerbitan. Dan buku ini bercerita tentang dunia penerbitan di Yogyakarta era 1998-2007. Dan para penerbit Jogja itu, buat Nyonya Buku, ialah kumpulan orang yang obsesif dan maniak dan cinta buku. hehehehe..

Era 97-2002, ketika Nyonya Buku masih kuliah, banyak buku-buku provokatif yang diterbitkan penerbit Jogja. Mulai dari terjemahannya Fritjof Tjapra, Karen Armstrong, sampai Ivan Illich.

Makanya Nyonya Buku berasa punya alasan personal untuk tau, kenapa sih saat itu penerbit Jogja ‘jagoan’ bener.  Bahkan sampai ada karya-karya sastra kelas nobel yang dikemas seukuran buku saku pramuka dan dijual Rp5 ribuan di stasiun kereta (thx AS Laksana)

Penulis buku ini, Adhe Maruf, sebetulnya juga pelaku. Jadi dia bisa fasih dan gamblang blak-blakan bercerita fenomena menjamurnya penerbit buku indie di era itu, topik-topik provokatif yang muncul pada tahun itu, plus kembang kempisnya penerbit, buruknya manajemen dan pembelaan penerbit Jogja tentang copyright.

Isinya komplit. Adhe punya dokumentasi rapi mengenai isu saat itu, plus wawancara dengan para penerbit Jogja.

So, Skip it or Pick it?

Pick it buat kalian yang tertarik dengan dunia penerbitan, karena buku ini membedah komplit. Sampai ada harga mesin cetak merek TOKO yang kondang itu, plus itung-itungan bisnis penerbitan.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s