connected

Bunch of Book This Week

Mulai dari karya gokil Raditya Dika sampai riset serius dari Nicholas Christakis tentang bagaimana jejaring sosial memengaruhi hidup kita. Gag semua buku baru untuk minggu ini, karena nemu buku obralan. yihaaa!!!  hehehe… Absen dulu ahhhh!

connected

1. Connected : Dashyatnya kekuatan jejaring sosial mengubah hidup kita
Nicholas A. Christakis dan James H. Flower
Gramedia Pustaka Utama
Mei 2010, Cet ke -1
Alih Bahasa: Zia Anshor
394 halaman +xiv
Non fiksi- Jejaring Sosial

Buku ini memperlihatkan fenomena menarik tentang apa pengaruh jejaring sosial terhadap hidup kita. Pengaruh ini sebagian besar tanpa kita sadari membentuk diri dan kehidupan kita. Misalnya, tanpa disadari ternyata orang-orang yang berbahagia biasanya berkumpul dengan orang-orang yang berbahagia juga, begitu pula sebaliknya. Jadi, orang akan “berkumpul” dengan orang-orang yang serupa dengannya.

Connected juga membahas tentang teori “6 derajat keterpisahan” dan “3 derajat pengaruh”. Arti “6 derajat keterpisahan” adalah bahwa setiap orang bisa terhubung ke orang di seluruh dunia melalui jejaring 6 orang dan dimulai dari orang yang paling dikenalnya, sementara “3 derajat pengaruh” artinya suatu tindakan seseorang hanya berdampak sampai 3 lingkaran pengaruh.

Connected juga menunjukkan bahwa pola jejaring sosial di dunia maya (Internet) ternyata mirip dengan pola jejaring di dunia nyata. Jadi, setelah membaca Connected, kita akan tahu bahwa Facebook bukan sekadar Facebook, tapi itu adalah duplikat pola jejaring soial kita di dunia nyata.

2. Marmut Merah Jambu
Raditya Dika
Bukune
Mei 2010, Cet ke 2
222 halaman +vi
Non fiksi -Komedi

Katanya sih, gosip-gosipnya, ini buku merupaka metamorfosis Dika, masih gokil tp rada dewasa. hehe, apa iya? Ntar deh ya, baca dulu.

3. Jampi-Jampi Varaiya
Clara Ng
Gramedia Pustaka Utama
320 halaman
Des 2009, Cetakan ke-1
Fiksi -Metropop

Definisi hari buruk menurut Oryza-penyihir canggih level delapan.
Hari buruk adalah ketika rendang melarikan diri dari panci dan terlepas bebas.
Cangkir menggigit tangan penyihir lelaki yang mati-matian dijodohkan dengannya.
Roti asyik bernyanyi dalam bahasa Rusia dan bersalto didalam lemari dapur.
Kakak dan adiknya berubah menjadi abnormal.
Ini bukan hari biasa!
lalu apa yang harus Oryza lakukan?
Dimulailah petualangan gila-gilaan m,encari penawar racung yang hanya bisa ditemukan di pulau yang tak pernah kelihatan di peta Indonesia. Pulau yang disihir hilang:Pulau Varaiya.

4. Good Lawyer Session 2
Rose Heart Writers
Roe Heart Publishing
Mei 2010, Cet ke-1
512 halaman
Fiksi -Hukum

Buku ini berisi kisah fiksi, yg ditujukan untuk mendidik tentang hukum. Minimal, para penulisnya berupaya memasukkan kasus-kasus hukum yang selama ini berkesan berat dan sadis, dalam kisah fiksi agar mudah dipahami dan membuat kita dekat. Karena sebetulnya, bisa saja kisah2 itu  merupakan kisah kita, atau orang-orang yang kita kenal

5. Bookends
Jane Green
GPU
alih bahasa Utti Setiawati
Okt 2008, Cetakan ke-1
504 halaman
Fiksi- Chicklit- Buku- Friendship

Bookends merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi Cath. Bersama Lucy, istri sahabatnya dekatnya Josh, mereka mendirikan kafe sekaligus toko buku itu. Cath, Wanita berusia awal tiga puluh yang single, merasa tidak memerlukan kehadiran pria dalam hidupnya. Buat apa? Cath memiliki Lucy dan Josh, Bookends, dan juga Si—pria yang seandainya Cath bisa mengubah orientasi seksualnya, Cath akan dengan senang hati menjadi kekasihnya.

Tetapi Bookends seakan jadi titik tolak dari berbagai guncangan dalam kehidupan Cath dan teman-temannya. Dimulai dari kemunculan kembali teman kuliah mereka yang sempat membuat persahabatan mereka retak, Portia, di pesta pembukaan Bookends….

6. Perempuan Kembang Jepun
Lan Fang
GPU
284 halaman
Juli 2007, Cetakan ke-2
Fiksi -Dewasa

Walau menurut banyak orang 98% kepala laki-laki berisi uang dan seks, dan 2% sisanya—cinta dan kebersamaan—ada di kepala perempuan, novel ini bukan sekadar bercerita tentang uang dan seks. Uang memang dibutuhkan dan seks memang dinikmati, tapi dalam cinta dan kebersamaan itulah Sang Hidup meletakkan sebuah arti.

Dengan latar belakang kawasan Kembang Jepun di Surabaya pada tahun 1940-an, novel ini bercerita tentang:

Tjoa Kim Hwa, yang selalu berkedok untuk uang dan seks.

Sulis, yang selalu menuntut uang dan seks.

Lestari, yang tidak butuh uang dan seks.

Kaguya, yang lahir karena uang dan seks.

Tapi…

7. Kembang Gunung Purei
Lan Fang
GPU
227 halaman
April 2005, Cetakan ke-1
Fiksi – Pemenang novel Femina 2003

Demi ambisi Nanang Syam mengorbankan rencana perkawinannya dengan Ida, tunangannya, untuk menjalankan kontrak penebangan Hutan Bumban selama dua tahun. Tanpa disangka, ia mendapatkan kecelakaan sehingga harus kehilangan pergelangan tangan kanannya.

Ida akhirnya membatalkan pertunangan mereka.

Dalam kesedihan dan patah semangat, Nanang Syam jusru bertemu Bua, seorang gadis Dayak Ngaju, dari dusun di pedalaman Gunung Purei. Dengan ketelatenan Bua, Nanang Syam perlahan-lahan menemukan harapan dan jati dirinya kembali.

Namun Ida mengalami kecelakaan dan ayah Nanang meminta putranya untuk menjalin hubungan kembali dengan Ida. Di satu sisi, Nanang masih menyimpan rasa terhadap Ida. Tetapi di sisi lain, ia juga amat mengasihi Bua, yang saat itu telah mengandung anaknya. Cinta masa lalu dan masa depan membuat Nanang Syam terombang-ambing dalam pilihannya.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s