Bertemu Mira W: Tiga Bulan Satu Novel

Dua hari lalu,

“Mbak, saya mau minta tolong. Apa bersedia menjadi pembicara bedah novel Mira W?”

err… busyet! terkahir kali, saya baca novel Mira W saat masih SD.  Itu pun koleksi si mama. Dari Jendela SMP… Kemilau Kemuning Senja.. Biarkan Kereta itu Lewat, Arini..

“Gimana mbak? Bisa kan ya? Maaf banget loh mendadak.”

“Oh iya, iya.. tapi masalahnya saya bukan pembaca Mira W loh Pak. Ya dulu pernah… sudah lama sekali, tapinyaa.”

“Enggak apa-apa. Saya antar bukunya hari ini.”

Antara yakin enggak yakin, enak enggak enak, saya setuju untuk bertemu.

Dan jrengg… tadi siang jadilah saya bicara kanan kiri, membedah novel Cinta Sepanjang Amazon yang akan dijadikan film itu. Sutradaranya paten, Dedi Setiadi.  Sutradara bertangan dingin di belakang Losmen, Jendela Rumah Kita sampai Siti Nurbaya.

Novelis Mira W --- Foto: MI/Bintang

Dedi memuji novel Mira. Saya sendiri lebih penasaran bagaimana Mira bisa produktif sekali. Dia menulis 78 novel dalam kurun waktu 42 tahun.  Nyaris setahun dua kali.  Dari jumlah itu, 40 diantaranya difilmkan atau disinetronkan. “Ya itu kan yang jadi. Yang enggak jadi, mungkin ratusan kisah,” katanya

Mira bilang, ia biasa menyelesaikan novel selama 3 bulan. Itu diluar riset setting cerita. “Saya harus datang ke tempatnya, harus merasakan sesuatu disana sampai hati saya tersentuh ingin menceritakan,” terang Mira.

Sebagai penulis banyak novel yang laris diangkat ke layar lebar ataupun televisi, Mira rendah hati. Tidak emosi menjawab respons, tidak merasa hebat.  Dia juga mengakui cerita-ceritanya tak dalam.

Usai acara, Mira menandatangani Cinta Sepanjan Amazon yang saya punya. Tertulis “untuk Latifah”, nama mama saya.

 

16 comments

    1. hihihi… Mira W emang penulis jaman ibu saya.. padahal saya juga udah tua.. ya emang penulis era lalu, tapi masih eksis sampai sekarang😀

      next time aku coba posting agenda bedah buku juga deh, mungkin berguna. makasih ya dah mampir😀

  1. saya masih 15 tahun tapi sudah membaca novel-novel karya Mira W dan sangat menyukai novelnya loh🙂 saya mau ketemu ibu Mira.W tp bagaimana caranya ya? saya ingin melihat sosoknya yang asli🙂

  2. jadi saya bisa cari dia disana? soalnya kan saya ada tugas wawancara untuk pelajaran Bahasa Indonesia, jadi saya berencana mau wawancara dia. kira2 Ibu Mira nya itu setiap hari ada disana atau tidak ya?

  3. makasih ya🙂 iya nih besok saya ketemu ibu Mira.W jam 9 pagi. semoga semuanya berjalan lancar. oiya saya panggil anda ibu atau apa nih? kok bisa jadi pembedah buku? hehe kayaknya enak jadi pembedah buku.

  4. haha nyonya buku tadi saya sudah wawancara Mira.W loh🙂 orang nya cukup ramah tapi sayang tampaknya tadi dia sedang buru-buru. Novelnya yang Cinta Sepanjang Amazon mau diangkat ke layar lebar loh nyabu. wajib ditonton😀

  5. iya hehe. Semoga cepet selesai deh jadi saya bisa nonton soalnya saya belum baca novel yang itu. Di Gramedia susah cari novel itu nyabu. hehehe

    1. wah maaf saya baru reply soalnya sibuk sama tugas sekolah. iya hehe di Gramedia sudah agak susah cari buku Mira.W yang lama-lama. Untung di perpustakaan sekolah saya koleksi novel Mira W nya lumayan banyak dan lengkap yang lama-lama🙂 nyobu, ada rekomendasi novel terjemahan yang bagus ga?

  6. sya bca novel mira w. yng prtma yg brjdul ” biarkan kereta itu lewat, arini” sungguh sangat bgus novelnya.. td ny saya bca cma bwt tgas sekolah,, tp stlah sya bca novel2nya. sangat mnyentuh n msh trknang d fkrn saya. sya pgen bli DVD ttg film arini tu,, tp apa msh ada ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s