Para Pemuja Poe

Foto: AP

19 Januari 2011, lelaki misterius itu tidak datang ke kuburan Edgar Allan Poe di Baltimore. Tahun lalu dia juga tidak muncul.

Padahal biasanya, –paling tidak sampai 2009, ia setia hadir saat tanggal ulangtahun Poe,  tengah malam, menjelang awal 19 Januari. Lalu meninggalkan 3 tangkai mawar merah dan sebotol cognac setengah isi. Kemudian lenyap diam-diam.Selalu begitu, sejak 1949 berakhir pada 2009.

Tak ada yang tahu siapa dia. Orang-orang menjulukinya Poe Toaster.

Jeff Jerome, kurator Poe House and Museum di Baltimore bilang, “Jika tahun depan ia tak terlihat lagi, maka kita sudahi saja tradisi ini.  Aku tidak mau membuka pagar makam Poe tepat tengah malam. Mereka yang tak mau menunggu sampai siang hari, silahkan loncat pagar.”

Selama ini,  Jerome memang sengaja membukakan pintu pagar makam Poe pada tengah malam, agar lelaki misterius itu leluasa. Tradisi ini ia mulai sejak 1977 dan terancam berakhir tahun depan.  “Malam ini, ada empat orang berdandan dan bergaya seperto Poe Toaster. Tapi aku tahu mereka semua gadungan.”

Para peziarah lain yang datang saat itu juga mengaku sedikit kecewa akibat ketidakhadiran Poe Toaster. Apalagi kebanyakan datang dari New York, Chicago, Richmond. Ada juga yang sengaja terbang dari Prancis dan Rusia. Melihat Poe Toaster meninggalkan tiga tangkai mawar merah dan cognac, ialah bagian dari perayaan itu. Ritual yang cuma dimengerti oleh para pemuja Poe.

Apakah Anda pemuja yang seperti itu?

Aku mengetahui sedikit karya Poe dan suka beberapa. Gelap tapi romantis.  Tapi untuk sengaja khusus datang ke makamnya, hehehe.. enggak belum punya uang ah! :p

(berita diolah dari AP dan Baltimore Sun)

Pstt… yang ingin baca beberapa cerita pendek Edgar Allan Poe,  Gramedia menerbitkan Kisah Kisah Tengah Malam, baru baru ini. Penerjemahnya Maggie Tiojakin, pengarang kumcer Balada Ching Ching dan pemilik fiksilotus. Karena itu aku cukup percaya hasil terjemahannya pasti nyaman dibaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s