101 Hari melaksanakan pesan Ray Bradbury

Untuk menulis, seseorang butuh ‘bahan bakar’. Bisa pengalaman pribadi, bisa dari orang lain. Pernah Ray Bradbury, penulis buku Fahrenheit 451 itu berpesan kepada para calon penulis. “Silahkan mengasup satu puisi, satu cerpen dan satu esai tentang apa saja, sebelum tidur. Lakukan selama 100 hari.”

ray-bradbury-on-creativity-famous-quotes

Saya tidak pernah tahu, apakah ada yang menjalankan program ini sebelumnya, dan bagaimana hasilnya. Yang jelas, Bradbury tak sekadar memberi resep bohong. Dia menghabiskan 10 tahun di perpustakaan -lantaran tak punya uang untuk meneruskan kuliah- membaca banyak buku, dan “lulus” dari tempat itu, pada usianya ke 28. Jadi resep 100 hari-nya jelas bukan pepesan kosong.

Jadi, bagaimana jika saya melakukannya selama 101 hari? Kenapa 101 hari, ya biar catchy aja. Haha.

Plus, melihat foto dan lukisan juga setiap hari demi melatih kepekaan visual, seperti kata Jessica Huwae, penulis yang baru saja menerbitkan Galila.

Project ini sudah saya mulai sepekan lalu. Dalam sehari, saya membaca puisi, cerpen dan esai. Tadinya sudah diprogram, baca apa saja. Agar tak habis waktu mencari bahan dan terdistraksi dengan maraknya informasi di jagat maya.

Hanya saja, dengan kejadian akhir-akhir ini, seperti kematian Sue Townsend, penulis remaja asal Inggris yang punya sense politik kuat, serta meninggalnya penulis jenius Amerika Latin Gabo- Gabriel Garcia Marquez, saya membaca banyak hal seputar kematian mereka, serta orang-orang yang berkelindan dengan karya keduanya. Jadilah program tak berjalan seharusnya.

Satu yang disesalkan, belum sempat terdokumentasikan. Jadi saya menggunakan blog ini untuk menyimpan kepingan prosesnya. Sekaligus membuat blog ini hidup kembali.

Semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s